July 23, 2007

Membaca yang lain...

Beralih dari sesuatu yang menjadi rutinitas sehari-hari terkadang mengasyikkan juga. Karena pilihan minat akademisku pada bidang Indonesia klasik, selama ini aku lebih sering membaca dan menelaah kandungan isi naskah-naskah kuno, khususnya yang berkaitan dengan topik keagamaan.

Tapi, dalam sebuah undangan ulang tahun seorang kawan, beberapa hari lalu aku ketemu Sanusi. Dia seorang mahasiswa di Uni Bonn yang sedang menulis peran politik Ali Moertopo (1924-1984) di zaman Orde Lama dan Orde Baru. Ngalor-ngidul kami bincang-bincang, rupanya dia tertarik dengan arsip-arsip dan tulisan ‘bawah tanah’ masa itu yang banyak mengemukakan berbagai intrik para elit politiknya.

Entah karena Sanusinya yang pandai cerita, atau karena aku memang agak jenuh dengan rutinitas bacaanku, aku tiba-tiba tertarik mengetahui lebih jauh dokumen-dokumen yang menjadi fokus bacaan Sanusi. Untungnya, Sanusi, yang belakangan baru ‘ngeuh’ bahwa dia adalah nonoman Sunda dari Subang, berbaik hati membagi beberapa file dan link internet berkaitan dengan itu, yang dia sebut sebagai ‘halaman rahasia’. Tentu tidak berarti orang lain tidak boleh tahu halaman-halaman itu, karena link-link internet itu pasti dengan mudah bisa diakses oleh siapa saja…

Ah, membaca dokumen-dokumen itu, aku semakin sadar, betapa nisbinya ‘dongeng-dongeng’ yang pernah aku dengar tentang perjalanan sejarah bangsa ini, padahal itu belum berlalu seratus tahun…..Makasih Sanusi atas sharingnya!

2 comments:

Nanto said...

salam kenal kang oman,
baca bagian tentang file dan link itu, boleh minta kah?
kebetulan saya saat ini kerja di Puslit Politik LIPI bidang Politik Internasional. tidak nyambung banget sih, tapi sama seperti akang,mencari selingan bacaan lain.
kalo boleh saya ada di nantosriyanto@gmail.com

terimakasih,

nant's

@Nanto said...

Makasih Mas Nanto atas kunjungannya. Nanti saya kontak lewat email. Salam kenal.