February 6, 2013

Salju di Fuchu, Tokyo

Hari ini, Rabu 6 Februari, kali kedua salju turun di Tokyo! Sebelumnya, 14 Januari lalu, Tokyo dihujani salju paling tebal dalam 9 tahun terakhir...saat itu aku melihat di sekitar Kampus Tokyo University of Foreign Studies (TUFS) banyak orang asyik menikmati salju tebal itu, berguling-guling, dan membentuknya menjadi rumah-rumahan atau boneka salju….

Sayang, tidak seperti pengalaman dulu waktu tinggal di Bonn, Jerman, istri dan anak-anakku tidak ikut bersamaku di Jepang, mereka malah sedang berkutat dengan hujan, banjir, dan masalah kemacetan di Jakarta.

Hari ini pula, sudah hampir 5 bulan aku tinggal di Tokyo. Harusnya hari ini adalah jadwal kursus bahasa Jepang bersama Taira-sensei, tapi malam tadi dia kirim email, ini isinya:

こんばんは、 Omanさん ! あしたは ゆきが ふるでしょう。 It is supposed to snow tomorrow. If it is snow tomorrow, I can't come to see you. In that case , I will inform you again. さようなら たいら 

Begitulah, bagian dari pelajaranku yang paling mendasar adalah menulis email dalam aksara Hiragana. Mungkin karena Taira-sensei tahu bahwa bahasa Jepangku sangat pas-pasan, ia sering menggabungkannya dengan bahasa Inggris. 

Aku pun bekerja seperti biasa, masuk kantor jam 9 pagi, pulang jam 7 malam….., di sini tempatku "bersemedi". Penulisan hasil risetku masih terlalu banyak, harus aku selesaikan sampai siap terbit sebelum 31 Juli nanti.

No comments: